Senin, 06 Maret 2017

Nama Membawa Berkah

Pada hakikatnya nama memiliki kekuatan, bukan seperti kata pepatah lama "apalah arti sebuah nama". Nama akan menjadi identitas seseorang dan dengan nama tersebut ia akan dikenali sepanjang hayat sampai di akhirat nanti, oleh sebab itu pemberian nama yang baik menjadi suatu keharusan, yang nantinya sebuah nama akan menjadi berkah dan menjadi doa.

Apalagi jika nama itu diambil dari nama manusia terbaik di alam ini, yaitu Muhammad. Terkadang seorang ayah yang bernama Muhammad, ketika memiliki anak lelaki, di beri nama Muhammad lagi. Jadinya anak itu bernasab Muhammad bin Muhammad.

Seperti tidak ada nama lain lagi ya. Tapi ya begitulah bila sudah cinta dan faktanya membuktikan memang kekuatan dan keberkahan nama Muhammad ini memang nyata.

Contohnya, siapa yang tidak kenal Imam Ghazali, pengarang kitab Ihya Ulumuddin. Nama asli beliau adalah Muhammad bin Muhammad bin Muhammad, bayangkan sampai tiga generasi namanya Muhammad semua. 

"Nama Ahmad dan Muhammad berasal dari akar kata yang sama, “Hamd,” yang artinya pujian. Muhammad berarti orang yang memuji sehingga ia dipuji. Ahmad berarti orang yang memuji Allah. Ini artinya Rasulullah saw memuji Allah lebih dari siapa pun". 
(http://www.cahayaquran.com/2015/03/biografi-muhammad-11-arti-nama.html?m=1)

Ada lagi Imam Ibnu Fahd ulama sekitar tahun 800 Hijriyah. Beliau bernama Muhammad bin Muhammad bin Muhammad bin Muhammad. Luar biasa empat generasi masih setia dan bangga dengan nama Muhammad. Imam Ibnu Fahd ini guru dari ulama-ulama besar generasi berikutnya seperti Imam Zakariya Al-Anshori.

Bahkan ada satu keluarga yang terus-terusan memberi nama Muhammad kepada keturunannya sampai 14 generasi ke bawah. Sangat pantas jika generasi keempatbelas ini menjadi ulama kharismatik. Beliaulah Imam Aiman Abu Barakat.

Jadi kalau nama beliau ditulis lengkap dengan nasabnya, menjadi Muhammad bin Muhammad bin Muhammad bin Muhammad bin Muhammad bin Muhammad bin Muhammad bin Muhammad bin Muhammad bin Muhammad bin Muhammad bin Muhammad bin Muhammad bin Muhammad. 

Dahsyat ya, Semakin banyak nama Muhammad di tengah keluarga tersebut, pastinya semakin berkah. Kita juga bisa merasakan keberkahan ini untuk keluarga kita, caranya dengan semakin banyak kita menyebut nama Nabi Muhammad. Yaitu, dengan bershalawat.

Saya juga dulu sempat menginginkan nama Muhammad untuk anak saya, namun suami merasa berat bila memberi nama Muhammad, takutnya sikap anak nanti bersebrangan dengan Nama Muhammad, dan akhirnya anak kami di beri nama Ardaffa Ardiansyah Rustawan, Ardaffa berarti kuat dan mampu menjaga diri, Ardiansyah berarti bumi dan Rustawan adalah nama belakang suami.

Nama yang kami berikan pada buah hati merupakan doa, semoga anak kami mampu menjaga dirinya di dunia yang fana ini. Semoga anak kami menjadi anak yang sholeh, hidupnya dilimpahi keberkahan dan selalu bershalawat. Aamiin.

Sumber : 
Channel telegram @Arafat
Image : http://bit.ly/2lQFPV4

5 komentar:

  1. Wuah sayang ya gak pake nama muhammad karena khawatir tingkahnya menyimpang. Padahal, itu adalah doa, diberi nama muhammad supaya seperti muhammad

    Ohya, nama muhammad itu adalah nama yang paling banyak digunakan saat ini. Keren ya. Sebegitu luar biasanya Rasulullah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nama Muhammad banyak di gunakan untuk menamai anak, tapi kebanyakan jadi inisial saja. Misalnya M.Naufal... Di panggilnya jadinya Oval...

      Hapus
  2. Memilih nama memang susah2 gampang
    Harus mengandung arti yang baik dan juga mudah dalam melafalkannya

    BalasHapus
  3. Wah..ada yang sampe 14 generasi..luar biasa.. Baru tau saya.

    Tatat

    BalasHapus

Terimaksih telah berkunjung