Kamis, 23 Januari 2020

Teknologi 5G


Perkembangan teknologi komunikasi berkembang sangat pesat dari masa ke masa dan kita harus bersyukur karena telah diberi kemudahan dalam berkomunikasi dengan orang lain baik itu dalam jarak dekat atau jarak jauh dengan biaya yang sangat minim.

Bukan hanya dalam berkomunikasi, dengan ditemukannya piranti komunikasi yang berbasis internet telah membantu orang-orang untuk memajukan usahanya dan mengembangkan bisnisnya, namun tak jarang juga memberi dampak ditutupnya usaha-usaha retail konvensional.

Dalam teknologi komunikasi dikenal dengan istilah Generasi yang dikenal sebagai fase berikutnya dari standar telekomunikasi seluler. Kita mengenalnya dengan sebutan 2G, 3G, 4G.

Saat ini kita masih mengunakan standar 4G/ LTE yang memiliki kelebihan dari generasi sebelumnya (3G) yaitu, Memiliki kecepatan downlink hingga 300 Mbps dan kecepatan Uplink hingga 75 Mbps. Mendukung sistem ITU-R dan sistem IMT yang menggunakan gelombang frekuensi, mendukung kecepatan transfer broadband.

Sedangkan kekurangan dari 4G/ LTE, yaitu belum bisa menjangkau semua wilayah, kadang sebel juga ya ketika berada dilingkungan tertentu yang tidak terjangkau sinyal. apalagi di wilayah terpencil, selain itu jaringan 4G juga cenderung belum stabil, misalnya ketika dibawa berpergian keluar kota atau daerah, kemudian adanya keterbatasan perangkat yang kompatibel dengan jaringan 4G LTE, misalnya ketika kita ingin menggunakan koneksi 4G tapi ponsel tidak mendukung, ya mau tidak mau harus ganti ponsel yang mendukung 4G.

Tahukah bila nanti akan dirilis juga Generasi ke lima atau disebut dengan 5G! Teknologi 5G merupakan generasi yang memiliki kelebihan dari generasi 4G yaitu, kecepatan data yang lebih signifikan dari 4G,  transfer data hingga kecepatan satu mili per detik, dapat terkoneksi dengan berbagai piranti seperti telepon, mobil, dan peralatan rumah tangga, teknologi 5G diprediksi memiliki kecepatan sekitar 800Gbps, atau seratus kali lebih cepat dari kecepatan generasi sebelumnya, dengan kecepatan tinggi teknologi 5G memungkinkan untuk mengunduh 33 film High Definition hanya dalam beberapa detik. 😱

Seperti yang tadi disebutkan sebelumnya teknologi 5G belum dirilis karena masih berupa konsep. Jadi kapan ya diluncurkan?
"Berdasarkan pada kongres Mobile World Congress (MWC) yang dihadiri oleh Nokia, Huawei, dan Ericsson di Barcelona, teknologi 5G masih belum dapat dipastikan tanggal rilisnya karena masih dalam tahap pengembangan. Namun, Nokia dan operator Jepang NTT DoComo berasumsi bahwa teknologi 5G akan dirilis pada Tokyo Olympics tahun 2020." (Wikipedia)

Saat ini teknologi 5G mulai diterapkan pada kendaraan seperti mobil, sehingga mobil bisa melaju tanpa awak atau (self driving car) atau autonomous car, wah siap-siap saja nanti para supir terdepak dari dunia persupiran. Saingannya kini bukan lagi gojek atau grab.

Di indonesia sendiri mobil dengan teknologi 5G sudah dikembangkan, kabar baiknya rencana uji coba akan segera dilakukan. Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyampaikan, uji coba tersebut nantinya akan berlangsung di area Gelora Bung Karno (GBK) dan dilakukan oleh operator Telkomsel pada saat Asian Games berlangsung nanti. Selain uji coba mobil 5G, sejumlah pertandingan juga akan direkam dan ditampilkan menggunakan teknologi 5G. Hm.. jadi tak sabar ya menunggu berita selanjutnya.

Nah jika 5G sudah mulai dikomersilkan nanti terutama di Indonesia tepatnya nanti 2020, berarti sebentar lagi ya, menurut kamu apakah harus ganti ponsel dan Atau ganti kartu ponsel juga, Sama seperti pendahulunya 4G. Kalau iya berarti harus siap-siap ganti ponsel nih.

Kalau ganti ponsel berarti harus beli ya, yuk ah siapkan dananya dari sekarang. Bagaimana caranya? Ya manfaatkan teknologi yang ada sekarang, saya yakin dech yang baca ini sudah pakai smartphone, cari tahu bagaimana cara menghasilkan uang dari internet, bila ada tawaran bisnis yang hanya modal ratusan ribu, sebaiknya ambil dan kenali juga mana yang bisa dipercaya dan menghasilkan. Tidak mau kan bila ketinggalan teknologi, orang lain sudah maju selangkah, nah kita masih diem aja ditempat. Jadi berhenti beralasan bila ingin perbaikan dalam hidup.  😊

Ya kita tunggu saja ya teknologi generasi ke lima ini, mudah-mudahan ada umur dan rezeki juga agar bisa menikmati teknologi yang kian canggih, namun jangan lupa teknologi hanyalah teknologi, tidak akan berarti tanpa user atau penggunanya. Teknologi akan berakhir baik bila berada ditangan yang baik dan akan menimbulkan masalah bila berada ditangan orang yang berniat jahat.


Referensi
Wikipediadotcom
suaradotcom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimaksih telah berkunjung