Kamis, 23 Januari 2020

Smart Warehouse of Alibaba

Apakah Anda sering mendengar atau membaca beberapa pernyataan dari para pebisnis tentang Alibaba? Mereka menjadikan Alibaba sebagai suatu contoh bisnis yang sukses pada masa kini dan masa depan.

Tetapi apakah anda tahu apakah itu Alibaba?

Alibaba merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang online service, artinya memberi pelayanan online untuk setiap aktifitas bisnisnya seperti e-commerce, online auctions service (lelang online), online money transfer (transfer online) dan mobile commers dan beberapa layanan seperti consumer-to-consumer, business-to-consumer and business-to-business sales services via web portals,  electronic payment services, shopping search engines dan cloud computing services.

Founder Alibaba sendiri bernama Jack ma, tentu tak asing lagi dikalangan para pebisnis online, mereka sering mengutip beberapa perkataan atau quote Jack ma sebagai pegangan dan penyemangat para pebisnis online, tentu semua pebisnis ingin sukses seperti Jack ma, karena yang kita tahu latar belakang Jack ma sebelum memulai karirnya di bisnis online bukanlah siapa-siapa.

Apa anda tahu rahasia kesuksesan Alibaba?

Alibaba mampu menjual produknya dalam sehari sebanyak $25 billion atau sekitar 25 miliar produk dalam sehari.

Wow banyak yah? Pasti Anda berpikir wah pasti banyak karyawannya, karyawannya sih memang banyak, namun rahasianya terletak pada sistem pergudangan, Alibaba sudah menggunakan smart warehouse (gudang) yaitu dengan menggunakan bantuan tenaga robot jadi bukan lagi mengandalkan tenaga manusia sehingga minim terjadinya kesalahan.

Robot ini bahkan bisa melakukan pekerjaan sebanyak 70%, artinya apa? Perusahaan sudah melakukan efisiensi sebanyak 300 %.

Tak heran bila Jack ma sendiri membuat pernyataan :

Robots could replace 800 million jobs by 2030.
“Everything we teach should be different from machines.” -Jack Ma, CEO @AlibabaGroup

Artinya pada tahun 2030 mendatang, robot akan mengambil alih pekerjaan manusia. Jumlahnya tak tanggung-tanggung, 800 juta pekerjaan lho.

Ternyata dia sudah duluan menggunakan tenaga robot untuk menggantikan pekerjanya, robot disini bukan berarti robot yang berbentuk manusia (humanoid), orang Indonesia kebanyakan nonton film sih jadi tahunya kalau robot itu seperti robot transformers. πŸ˜…

Gimana? Ngeri gak tuh, tenaga manusia digantikan tenaga robot. Apalagi produk china itu cepat tersebar ke berbagai kebelahan dunia lho termasuk negeri kita sendiri.

Bayangkan anak cucu kita bukan hanya akan bersaing dengan manusia lagi atau bersaing dengan tenaga kerja asing tapi bersaing dengan robot. Bahkan mungkin sekarang sudah dimulai persaingannya, jika Anda menganggap tenaga asing saingan kita hari ini, ada yang lebih repot lagi nanti, yaitu tadi mesin.

Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat video berikut untuk melihat robot seperti apa sih yang ada di gudangnya Alibaba :

https://twitter.com/ValaAfshar/status/1023684479087529984

Berikut ini teknologi yang akan maju pesat pada decade selanjutnya.
1. #AI (ML)
2. #IoT⌚️
3. #blockchain ⛓
4. 3D print πŸ–¨
5. MobileπŸ“±
6. Autonomous cars πŸš—
7. Mobile internet πŸ’»
8. Robotics πŸ€–
9 .VR/AR πŸ‘“
10. Wireless power πŸ”Œ
11. quantum computing πŸ–₯
12. 5G πŸ“‘
13. voice DA πŸŽ™
14. #cybersecurity πŸ”’

Kalau belajar tentang teknologi memang harus belajar sepanjang waktu, karena teknologi itu semakin kesini semakin maju dari tahun ketahun. Bahkan rentang waktunya cukup singkat. Bahkan gawai sendiri sudah menggantikan beberapa layanan hanya kurang dari sepuluh tahun.

Jadi apa yang sudah anda pikirkan untuk masa depan diri sendiri? THINK... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimaksih telah berkunjung