Jumat, 29 November 2019

Perjalanan Dunia Robotic dari Masa ke Masa


Tak bisa dipungkiri lagi, bila melesatnya teknologi memberi kemudahan bagi manusia dalam membantu beraktifitas, sehingga mesin pun dapat menggantikan tenaga manusia dan tentu saja ada dampak baik dan kurang baik, dampak kurang baik dari adanya robot yaitu salah satunya menyebabkan kurangnya lapangan kerja.

Dengan mengandalkan mesin atau robot pekerjaan menjadi lebih cepat diselesaikan dengan biaya yang minim. Oleh sebab itu sebagai manusia yang berakal harus bisa kreatif dan jangan sampai kalah bersaing dengan mesin.

Teknologi robot kini sudah merambah ke berbagai bidang dan indrustri seperti pabrik pengolahan, pergudangan, manufaktur, transportasi, pertanian, antariksa, kedokteran, militer.

Apa itu robot? Menurut Wikipedia "Robot adalah seperangkat alat mekanik yang bisa melakukan tugas fisik, baik dengan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan). Istilah robot berawal bahasa Ceko “robota” yang berarti pekerja atau kuli yang tidak mengenal lelah atau bosan.

Robot sudah ada sejak abad ke 4 sebelum masehi atau sekitar 301-400 SM, dibuat oleh seorang ahli matematika yang berasal dari Yunani bernama Archytas, dia membuat mesin mekanik dengan bentuk burung dan menamainya dengan nama "sang merpati", burung tersebut bisa terbang karena mengunakan tenaga uap.

Tahun 1200-an, jam gajah karya Al-Jazari
Pada tahun 1206, seorang ilmuan Al-jazari menulis buku yang berjudul "The Book of Knowledge of Ingenious Mechanical Device". Dalam bukunya diperkenalkan sekitar 100 alat mekanik dan cara pembuatannya. Penemuan Al-Jazari yang terkenal adalah The Elephant Clock atau jam gajah yang berbunyi setiap setengah jam sekali.

Tahun 1400 an juga ditemukan robot yaitu kerangka robot prajurit karya Leonardo. Sekitar tahun 1950-an, buku berisi sketsa karya Leonardo da Vinci ditemukan. Dalam buku tersebut terdapat sketsa robot humanoid atau mirip manusia.

Tahun 1800-an, robot humanoid pertama karya Friedrich kaufman asal Jerman, robot ini dirancang bisa meniup terompet. Pada tahun 1819, seorang ilmuan asal jepang Tanaka Hisashige menciptakan karakuri ningyo, yaitu boneka mekanik yang dilengkapi katrol agar dapat bergerak.

Tahun 2000-an, robot ashimo dari jepang
Perusahaan Honda dari Jepang membuat robot humanoid yang diberi nama Ashimo, robot ini terus dikembangkan sampai sekarang, robot ini merupakan robot tercanggih karena bisa berjalan, berlari, mengenali tempat, membedakan suara dan membedakan wajah.

Dan sampai sekarang teknologi robot terus dikembangkan, bahkan sekarang sudah ada robot yang sangat mirip manusia, berbagai negara banyak yang mengembangkannya, jadi bukan hanya dari Jepang saja, Saudi, Amerika juga turut berlomba dalam menciptakan robot yang canggih. 

Jenis- jenis robot:
a. Robot Mobile (Bergerak)
Merupakan suatu robot yang ciri-cirinya mempunyai alat gerak berupa roda untuk melakukan perpindahan dari satu tempat ke tempat yang lainnya.

b. Robot Manipulator
Robot manipulator adalah robot yang menyerupai bentuk-bentuk tertentu. Contohnya: robot Arm, robot ini menyerupai lengan biasanya banyak digunakan di industri.

c. Robot Berkaki
Robot ini memiliki kaki seperti hewan atau manusia, yang mampu melangkah, seperti robot serangga, robot kepiting

d. Flying Robot (Robot Terbang)
Tentu saja robot ini mampu terbang, robot ini menyerupai pesawat model yang di program khusus untuk memonitor keadaan dari udara.

e. Under Water Robot (Robot dalam air)
Robot ini digunakan di bawah laut untuk memonitor kondisi bawah laut dan juga untuk mengambil sesuatu di bawah laut.

Apakah anda tertarik untuk mempelajari robot? Atau tertarik untuk membuat robot ! Anda tentu saja bisa mempelajarinya karena sekarang sudah banyak lembaga pendidikan seperti perguruan tinggi yang membuka jurusan robotik. Beberapa sekolah juga sudah menyisipkan ekstrakulikuler robotik.

Sekarang pun banyak lembaga pelatihan non formal yang membuka kursus untuk anak-anak mulai dari anak TK sampai SMA. Atau mau belajar sendiri juga bisa, karena banyak mainan robotik seperti produk Lego atau Fischertechnik yang di jual dengan bebas, diluar kemasan mainan disebutkan mainan tersebut untuk 10+ artinya bisa dimainkan untuk anak usia 10 tahun ke atas.

Jangan ragu-ragu bila ingin memasukkan anak di lembaga pelatihan robotik, karena banyak sekali manfaatnya.

Berikut ini manfaat belajar robotik dalam melatih motorik halus anak. Motorik halus adalah kemampuan yang berhubungan dengan keterampilan fisik yang melibatkan otot kecil dan koordinasi mata-tangan. Manfaatnya yaitu :

1. Merangsang berpikir sistematis dan terstruktur dalam menyelesaikan sebuah masalah.

2. Meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak.

3. Meningkatkan ketrampilan Imajinasi dalam mendesain sebuah robot, karena dalam merancang robot perlu kreativitas.

4. Melatih kerjasama dalam kelompok dan meningkatkan kepercayaan diri, menerima dan menghargai pendapat orang lain serta berani menyatakan atau menampilkan ide kreatifnya.

5. Melatih kesabaran dan ketekunan dalam membuat suatu projek.

Dalam belajar robotik tidak lepas dari yang namanya Matematika, Science dan Teknologi, Fisika, Desain, Mekanika, Elektronika, dan Pemrograman.

1. Kaitannya dengan Matematika
Menggunakan sistem bilangan dan bentuk persamaan atau perbandingan untuk menyajikan kondisi kondisi tertentu. Menghitung, mengukur dan mengestimasi untuk menyelesaikan suatu masalah.
Penerapan konsep dasar dari aljabar, geometri, teori kemungkinan (probabilitas) dan statistic.

2. Kaitannya dengan Science dan Teknologi :
Pengetahuan tentang sistem robotika. Pengetahuan fungsi-fungsi sensor dan motor.

3. Kaitannya dengan Komputer dan pemrograman.

4. Kaitannya dengan Fisika :
Penerapan rumus kecepatan, percepatan, gaya dan beban.

Wah, luar biasa sekali ya bila seorang anak mempelajari robotik !

Sumber :
wikipediadotcom
proaktiveducationdotcom
Majalah bobo edisi 40

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimaksih telah berkunjung