Sabtu, 20 April 2019

Kenapa Harus Punya Vlog?


Ada banyak jenis blog yang bertebaran di dunia maya diantaranya Berdasarkan konten atau isinya seperti :

1. Vlog
Vlog adalah blog yang hanya berisi konten video.

2. Blog Copy Paste
Blog Copy Paste adalah blog yang isinya diambil dari blog lain dengan cara copy paste. Blog seperti ini biasanya dimiliki oleh blogger yang malas dan kurang kreatif.

3. Sketchblog
Sketchblog adalah blog yang formatnya berisikan kumpulan hasil portofolio seseorang.

4. LinkLog
Linklog adalah blog yang hanya berisi kumpulan link yang menuju ke situs tertentu.

5. Photoblog / Phlog
Photoblog /Phlog adalah blog yang berisi khusus konten foto.

6. Audioblog
Audioblog adalah blog yang isi utamanya berupa file musik yang bisa didownload secara bebas.

7. Tumbleblogs
Tumbleblogs adalah blog yang berisi text pendek dan beberapa konten dari media.

8. Typecasting Blog
Typecasting blog adalah blog yang berisi kumpulan tulisan tangan, notes atau ketikan mesin tik yang discan.

9. Blog iklan baris
Blog iklan baris adalah blog yang berisi kumpulan iklan baris.

10. Splog
Splog adalah blog yang berisi beragam iklan. Splog biasanya juga disebut sebagai spam blog. Jenis blog seperti ini sangat banyak dimiliki oleh para spammer di Indonesia.

Kali ini saya akan cari tahu mengenai mengenai tren Vlog yang saat ini lagi hits banget dikalangan anak muda terutama artis, bahkan dari kalangan pegawai negara, karena presiden pun ada yang gemar ngevlog. Coba tebak, presiden yang mana?.

Vlog atau video blog memberikan visualisasi yang lebih kaya bila dibandingkan blogging dengan teks, karena ada unsur video, audio dan juga teks, sehingga lebih menggugah emosi pengunjung, vlog biasa disebut juga dengan televisi internet.

Sebenarnya tren vlog sudah lama ada yaitu dari tahun 2004 dan populer pada tahun 2015 di penjuru dunia, namun nampaknya belum di kenal di Indonesia. Saya pun baru mengenal tren vlog dari tahun kemarin, karena sudah mulai ramai diperbincangkan dan adanya iklan juga di televisi, dimana banyak kompetisi atau pembuatan video sekarang lebih diminati dengan menggunakan vlog dan biasanya pemenang vlog ditentukan dari jumlah like dan jumlah yang di tonton.

Sensasi ngevlog lebih menantang dibanding dengan selfie atau blogging biasa, kemampuan teknik mengambil video dan proses editing sangat penting selain di tunjang dengan ketersediaan sarana pendukung seperti smartphone dengan kualitas pengambil video yang bagus, juga bisa dengan menggunakan webcam, camcorder compact (handicam), kamera DSLR, kamera mirorless, action cam Gopro. Untuk sara pendukung lainnya bisa menggunakan tongsis atau tripod dan micropon. Orang yang sering ngevlog dinamakan vloger.

Hasil dari ngevlog bisa diunggah di youtube, situs pribadi ataupun sosial media seperti facebook dan instagram. Jadi ngevlog ini hanya sebuah tren kekinian dan sama saja dengan youtouber sama-sama menggunggah video, hanya saja prioritas atau tujuannnya berbeda, bila youtuber lebih banyak tujuannya dalam monetisasi atau mendapatkan keuntungan berupa pendapatan, sedangkan vlogger tujuannya hanya untuk kesenangan pribadi misalnya hanya ingin sekedar eksis, ingin terkenal seperti artis atau ingin berbagi pengalaman sehingga memberikan manfaat bagi orang lain. Sebenarnya isi vlog lebih banyak mengenai kehidupan sehari-hari namun entah kenapa selalu lebih menarik untuk di tonton.

Bagaimana? Berminat untuk menjadi vlogger ! Berikut ulasan mengenai apa saja yang harus disiapkan bagi vlogger pemula :

Pertama tentukan tema video apa yang akan dibuat diusahakan dengan tema yang unik sehingga berbeda dari vlogger lainnya. Apakah itu tentang kecantikan, mode, komedi, teknologi, traveling, kuliner atau yang lainnya, agar lebih mudah bisa mulai dari hal yang disukai, jadi kreatifitas itu penting ya.

Langkah selanjutnya adalah siapkan target waktu atau konsistensi dalam membuat video apakah satu hari, satu minggu sekali atau satu bulan sekali, yang penting konsisten.

Bila sudah berkomitmen dengan diri sendiri, maka selanjutnya siapkan kamera, bisa dengan menggunakan smartphone atau kamera, tongsis atau tripod dan microphone, usahakan tidak mengandalkan microphon yang ada pada smartphone atau kamera karena kualitas audio kurang bagus.

Pada saat proses perekaman perhatikan pencahayaan agar hasilnya bagus. Tampilan vlogger yang rapi pun akan menunjukan identitas vlogger dan jangan lupa tunjukkan diri kamu apa adanya, apakah kamu termasuk orang yang ramah, lucu atau baik hati dan jangan dibuat-buat karena bakal ketahuan.

Setelah selesai merekam video, ada baiknya mengkaji ulang hasilnya, bila perlu gunakan aplikasi editing video misalnya untuk memotong bagian yang tidak perlu, menggabungkan beberapa video atau menyisipkan musik pada video, carilah aplikasi sederhana yang mudah digunakan. Setelah semua selesai saatnya promosikan video bisa melalui youtube atau sosial media facebook, instagram, G+ dan lain-lain. Karena yang diunggah berupa video, maka perlu dsiapkan juga koneksi internet yang cepat dan kuota yang memadai.

Nah gampang kan untuk menjadi vlogger !. Bagi kamu yang memiliki bisnis bisa memanfaatkan sarana vlog untuk mempromosikan produk atau untuk tujuan personal branding atau branding produk. Bila berniat ingin menjadi vlogger profesional kamu bisa belajar dari vlog milik vlogger yang orang lain. Berikut ini vlogger populer Indonesia yang di kutig dari laman liputan6dotcom oleh Oleh Jeko I. R. pada 11 Jul 2017, 18:30 WIB. Berarti ini satu tahun yang lalu. Saya belum menemukan hasil yang terbaru, mungkin sekarang urutannya berubah dan mungkin ada pendatang baru.

1. Raditya Dika - 2,51 juta subscriber - 569 video
2. Edho Zell - 1,46 juta subscriber - 332 video
3. Reza Oktovian - 1,41 juta subscriber - 369 video
4. Tim2One - ChandraLiow - 1,20 juta subscriber - 193 video
5. Ricis Official - 1,17 juta subscriber - 115 video
6. skinnyindonesian24 - 977 ribu subscriber - 164 video
7. LASTDAY Production - 938 ribu subscriber - 134 video
8. MiauwAug - 844 ribu subscriber - 1.220 video
9. Gen Halilintar - 841 ribu subscriber - 155 video
10. Arief Muhammad - 803 ribu subscriber - 143 video

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimaksih telah berkunjung