Selasa, 19 Desember 2017

Hari Bela Negara

Tidak banyak yang tahu atau memperhatikan tentang sejarah secara detil dan itu termasuk saya sendiri, apalagi mengenai tanggal bulan dan tahun yang berupa angka-angka yang terkadang bikin lupa juga, ah yang penting tidak lupa tanggal lahir sendiri sama tanggal lahir pasangan dan anak sendiri juga tanggal anniversary.

Itulah pentingnya peringatan hari bersejarah, ada yang ditetapkan sebagai tanggal merah seperti hari raya keagamaan, agustusan setiap tanggal 17 Agustus dan masih banyak lagi, juga ada tanggal bersejarah yang hanya di peringati saja seperti hari ibu yang akan jatuh tanggal 21 Desember besok, padahal sejarahnya tidak tahu kenapa harus tanggal 21 Desember, mungkin setelah ini bisa cari tentang sejarahnya.

Beruntungnya sekarang ini sudah banyak Media internet yang senantiasa mengabarkan tentang hari peringatan baik nasional atau international seperti seperti akun twitter GoodNewsFrmIndonesia (GNFI)
yang selalu memberikan berita update seputar sejarah dan kebudayaan Indonesia, ya karena berita yang tak sengaja terbaca jadinya nambah pula satu pengetahuan di saat orang lain sudah pada tau.

Seperti sekarang ini...

Sekarang adalah tanggal 19 Desember 2017, ayo coba tebak hari apa?
Jawabnya hari mepet buat bayar listrik bulanan, kalo lewat tanggal 20 tar kena denda deh.. hihi... Jadi buruan gih bayar..
Selain itu hari ini adalah HARI BELA NEGARA (19 Desember 1948)
mau tau perostiwa apa itu!!
HARI BELA NEGARA (HBN) merupakan hari untuk memperingati deklarasi Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) oleh Mr. Sjafruddin prawiranegara yang saat itu telah di beri Mandat penuh oleh Presiden ir. Soekarno.
Nah Sumatera Barat inilah, tepatnya di kota Bukit Tinggi sebagai kota perjuangan dan di tunjuk sebagai Ibukota PDRI.

Oleh sebab itu hari ini di tetapkan sebagai HBN berdasarkan keputusan Presiden Republik Indonesia, keppres no. 28 tanggal 18 Desember 2006, hayo masih ingat gak presidennya siapa!! Ingat-ingat lagi ya..

Oiya Mr. Sjafruddin Prawiranegara juga termasuk Pahlawan Nasional lho, meskipun pengajuannya kepada negara banyak pro dan kontra, karena pernah di tuduh makar, ya kalau ngomong sejarah memang panjang, yang penting kita ingat jasa-jasa pahlawan, selain itu kini saatnya bertanya pada diri sendiri apakah sudah membela Negara ini apa malah menyusahkan atau merugikan negara,  seberapa besar bela kita pada negara terutama para kaum muda jangan sampai negara ini jatuh ke pelukan asing.

"Jangan ngaku  BELA NEGARA kalau belum BELA KELUARGA"

Sumber @GodNewsFrmIndonesia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimaksih telah berkunjung