Kamis, 29 Juni 2017

Perdana ke Taman Manalusu Pantai Karang Sari

Mumpung lagi mudik ke Garut selatan, tepatnya di daerah Sawah Gunung Pakenjeng, Kita memutuskan untuk jalan-jalan ke Pantai, ya mumpung masih di sini, karena jarak ke pantai lumayan dekat, dua jam perjalanan, selain itu kami ingin mengajak Ardaffa melihat laut dan mengajaknya bermain pasir di Pantai. Boleh di bilang ini merupakan perjalanan pertama ke Pantai bagi Ardaffa yang penuh perjuangan.

Untuk mempersingkat waktu perjalanan karena sudah hampir siang, kami melewati jalan Tegal Gede, haduh itu jalannya terjal dan penuh bebatuan, banyak terdapat banyak cekungan di tengah jalan, bahkan seringkali kami melewati kolam ditengah jalan (genangan air),  kalau menurut saya sih ini cocoknya di sebut jalur Off Road yang mesti dilalui motor Trail, sedangkan kita cuma pake motor bebek bonceng dua orang. Kalau orang sini sepertinya sudah biasa pake jalan yang seperti ini pake motor, bahkan motor matic pun bisa menaklukan medan (terpaksa). Berhubung masih suasana lebaran, di jalan tersebut ramai dilalui sepeda motor, kalau hari biasa jalan ini sepi paling bisa berpapasan dengan dua atau tiga kendaraan bermotor.

Jalan menuju Tegal Gede

Selama perjalanan kami melewati beberapa perkampungan, hutan, semak belukar dan kebun kelapa sawit, ada yang menarik dari pohon kelapa sawit, terus terang saya jarang melihat secara langsung dan saya perhatikan pohon sawitnya tidak berbuah, apa belum musim ya, apa sudah di panen atau terbengkalai, tidak tahu. Kalau menurut suami saya kebun kelapa sawit tersebut merupakan peninggalan zaman pak Soeharto (orde baru). Hm... Saya takjub dengan luasnya kebun tersebut. 


Melewati kebun kelapa sawit

Setelah menempuh perjalanan yang panjang dengan melalui medan yang sulit, akhirnya kita sampai juga di pantai karang sari taman manalusu Garut selatan, katanya sih tempat wisata baru, untuk tiket masuknya perorang 5000 dan parkir motor 2000. Selain main ombak di pantai, kita juga bisa naik perahu, tapi bukan di laut, tetapi berlayar mengelilingi pulau seperti kanal besar dan biaya naik perahunya cuma 2000 perak... 😁


Taman Manalusu Karang Sari

Naik perahu

Setelah selesai bermain kita melanjutkan perjalanan ke Ranca Buaya, perjalanan sekitar 30 menit, bedanya dengan pantai karang sari kalau disini pantainya banyak terdapat batu karang, selain itu juga ada banyak penjual ikan dan ikan asin, walaupun dekat dengan laut, sangat sulit mendapat ikan segar, biasanya ikan yang di jual adalah ikan yang di bekukan, mungkin harus tahu jadwal panen para nelayan jika ingin dapat ikan segar. Selesailah sudah bermain di pantai, kalau menurut Ardaffa ini pengalaman yang seru, walaupun tidak bisa lama-lama bermain karena waktu sudah sore, kita lanjut pulang, pulangnya tidak melalui jalur Tegal gede karena kapok jalannya kurang bagus, kami pulang melalui jalan Bungbulang. 

Berenang di Ranca Buaya


4 komentar:

  1. Buat anak kecil main diluar selalu seru ya..paling senang liat antusiasme mereka :D

    -Tatat-

    BalasHapus
  2. Wuih aku ke Garut belum pernah main ke selatan. Jalurnya sudah aman ya buat motoran? Pengen nyoba..... 🤤

    Nice info!
    www.iamandyna.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang jalannya udah lumayan bagus...

      Hapus

Terimaksih telah berkunjung