Rabu, 17 Mei 2017

Tertipu Dongeng

Hal yang paling kuingat bersama ibu waktu masih kecil adalah cerita sebelum tidur, beliau sering menceritakan kisah tentang para Nabi, sangat senang mendengarnya, ada lagi dongeng sinderela, putri salju, timun mas, sangkuriang, malin kundang dan dongeng yang paling kusuka adalah dongeng sakadang kuya jeung sakadang monyet (seekor kura-kura dan seekor monyet), saking sukanya terkadang dongeng tersebut di ulang-ulang, sampai ibu agak kesal karena aku sering meminta di ceritakan dongeng saat mau tidur.

Sejak saat itu jadi suka cerita-cerita fiksi, fantasi dan  senang nonton film kartun. Kalau zaman dulu di rumah punya tv 14'' masih hitam putih dan acaranya pun cuman ada TVRI, masih ingat dulu ada tayangan film dari luar negeri, ya mirip-mirip drama musikal tentang dongeng Putri Salju, Cynderela, Rapunzel, Beauty and the beast, Jack dan kacang ajaib, Aladin, putri tidur, kisah putri dan kacang polong, Puss in boot, Putri duyung, hansel and gretel. Sampai sekarang pun saya masih suka film kartun, film fantasi dan tidak suka nonton sinetron.

Semua cerita tersebut memiliki kesamaan pada akhir kisahnya yaitu happily ever after (bahagia selamanya) terutama cerita tentang para putri yang bertemu dengan pangerannya dan berakhir dengan pernikahan dan bahagia selamanya, kecuali kisah putri duyung yang kisah cintanya berakhir dengan pengorbanan menjadi buih di lautan.

Tanpa sadar semua kisah tersebut terunduh dan membangkitkan imajinasi kemudian di terapkan dalam kehidupan nyata, kemudian timbullah keinginan atau angan suatu saat nanti bisa menemukan seorang pangeran yang tampan, gagah, berani, baik hati dan setia, kemudian menikah dan hidup bahagia selamanya. Selain itu juga berimajinasi memiliki kekuatan super juga hal yang menyenangkan.

Begitu naif, sampai terbawa-bawa sampai dewasa. kehidupan nyata ternyata tak seindah apa yang di ceritakan dalam sebuah dongeng, tidak sesederhana dan seindah kisah sang putri dan pangeran.

Kehidupan rumah tangga memang penuh rintangan dan tantangan, sangat mungkin terjadinya konflik atau bahkan perbedaan pendapat, namun dengan adanya komitmen untuk sama-sama saling menguatkan dan menjaga keutuhan, semua masalah dapat teratasi.

Andai dari awal aku tak terlalu terpengaruh dengan cerita cerita dongeng putri dan pangeran dan hanya menganggap dongeng tersebut sebagai pengantar tidur saja, mungkin tak akan terlalu berharap kehidupan pernikahan akan selalu mulus dan tidak terlalu shock dengan masalah yang timbul dengan tiba-tiba. Memang terlambat tapi masih bisa menyesuaikan dengan keadaan sekarang.

Bagaimanapun dongeng tersebut tak menceritakan kehidupan setelah pernikahan, dan kisah yang patut di teladani adalah kisah para nabi dan rasul, dimana kisah kehidupan dalam rumah tangga pun ada kisahnya dan nyata. Namun para orang tua jarang menceritakan kisah para Nabi entah karena kurang tahu kisahnya atau merasa anak hanya perlu cerita-cerita yang menyenangkan. Beruntung zaman sekarang sudah banyak buku-buku cerita untuk anak-anak yang menanamkan moral dan nilai dalam kehidupan baik yang bersifat islami atau umum jadi tak melulu hanya dogeng yang berasal dari barat.

Karena sekarang posisi saya sebagai orangtua, harus bisa memantau tumbuh kembang anak, jangan sampai mengalami hal sama. Dongeng itu memang bagus untuk perkembangan otak anak, namun perlu penjelasan juga kalau dongeng hanya dongeng saja, di jelaskan apa saja hikmahnya di dalam dongeng tersebut, selain itu mungkin harus mendampingi anak ketika nonton kartun, kalau bisa membiasakan anak agar gemar membaca dan mengurangi nonton tv.

Teori dan rencananya memang bagus, tapi prakteknya yang susah, saya tiap waktu ada di rumah namun banyak waktu tersita oleh pekerjaan rumah, dan kadang kesal juga masih ditanyain, di rumah ngapain aja?...... Wannacry

Gambar diambil dari google

7 komentar:

  1. Di dalam proses berdongeng pun butuh literasi ya. Mana yang realistis dan mana yang tidak. Tapi pasti ada kebingungan, khawatir nanti malah menggangu ruang imaji anak untuk berkembang.... 😳😳😳

    Nice sharing Mbak...
    www.iamandyna.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. ... Harus cari di kamus apa itu literasi... He... makasih..

      Hapus
  2. Kalau saya, karena anak saya cowok jadi gak mungkin juga sidongengin ala putri2an. Saya lebih dongengin tentang cerita ttg sejarah Indonesia. Tapi pake bahasa anak2. Biar lebih realistis juga maksudnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 😁 bisa jadi bahan masukan juga nih.. dongeng sejarah indonesia... Mesti belajar lagi tentang sejarah ☺

      Hapus
  3. Cucu saya seneng banget gambar binatang. Yawda...ngarang2 cerita aja lewat buku2 bergambar binatang. Lagian masih umur 2 thn... Makasih sharingnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masama.. makasih juga sudah berkunjung...

      Hapus
  4. http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/02/tajir-melintar-ini-fakta-menarik-ibu.html
    http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/02/telaga-cisoka-danau-berair-biru-yang.html
    http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/02/bocoran-film-godzilla-vs-king-kong.html

    QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 7 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE
    Come & Join Us!

    BalasHapus

Terimaksih telah berkunjung