Senin, 21 Januari 2019

Kenapa Harus Punya Email

Saya yakin kawan-kawan semua disini memiliki yang namanya Email, bukan email yang ada dilapisan gigi ya, tapi alamat Email (Elektronik mail) atau surat elektronik.

"Fungsi Email adalah sebagai sarana untuk mengirimkan atau menerima surat melalui jalur komputer dan internet. Data yang bisa dilampirkan dalam email tersebut berupa data digital diantaranya yaitu, dokumen, musik, video dan gambar, software, dan data-data digital lainnya." (http://www.fungsiklopedia.com/fungsi-email/)

Setelah tahu fungsi Email tidak ada salahnya bila mngetahui sejarah Email, yuk kita kembali ke masa lalu, bukan masa lalu saya ya tapi masa lalu dari mana email ini muncul.

Sebelum internet digunakan secara luas, Email telah lebih dulu digunakan lho. Waktu itu pengiriman Email hanya pada LAN ( Local Area Network ) atau komputer yang saling terhubung satu sama lain yang berada dalam suatu ruangan atau antar ruangan.

Nah sekitar tahun 1971, Seorang programmer Amerika, Raymond Tomlinson mulai menggunakan simbol @ sebagai pemisah antara user id dan domain dan mulai saat itu nama_user@nama_komputer menjadi standar penggunaan Email.

Pada tahun 1975 John Vital menemukan sebuah software untuk pengaturan Email, beberapa tahun kemudian, Email menjadi populer dibeberapa belahan dunia.

Salah satu program email pertama yang dapat digunakan secara komersial pada saat itu adalah Eudora yang dikembangkan oleh Steve Dorner pada tahun 1988.

pada tahun 1991, Email mulai bisa diakses secara gratis berikut dengan tampilan antar muka yang lebih ramah. Oiya pada tahun yang sama juga ditemukan penemuan WWW ( World Wide Web ) oleh Tim Berners-Lee.

Beberapa penyedia layanan email gratis adalah Yahoo, Hotmail, Gmail, Outlook, iCloudMail, Aol Mail, Zoho mail, Gmx Mail, Yandex Mail, Mail.com dan Lycos.com. kalau kamu pakai layanan Email yang mana? Kalau saya memakai Gmail (Google Mail) karena selain gratis, tampilannya pun sederhana dan fitur menunya pun mudah digunakan dan tidak terlalu banyak iklan yang muncul.

kapasitas akun Google adalah 15GB (termasuk yang ada di Google Foto, Gmail, dan Google Drive), jadi selalu pastikan berapa sisa memori, jangan sampai memori habis digunakan, karena bila ada surat yang masuk tidak akan pernah kita terima. Bila ingin kapasitas yang leih besar maka bisa menggunakan layanan Gmail yang berbayar.

Pada saat ini Email tak hanya digunakan untuk mengirim surat elektronik saja, namun juga digunakan sebagai ID atau identitas pengguna internet sehingga bisa digunakan untuk mengakses suatu situs atau pun sosial media. Kenapa harus Email? Karena Email bersifat unik artinya hanya ada satu pengguna untuk satu Email.

Email juga digunakan untuk mengaktifkan smartphone khususnya android yang akan mensinkronisasi beberapa aplikasi didalamnya. Nah dalam smartphone untuk penyimpanan nomor kontak telepon bisa menggunakan opsi penyimpanan dalam Email, sehingga bila terjadi kerusakan sim card atau kerusakan pada Smartphone, data tetap aman.

Adalagi nih kegunaan Email dalam dunia bisnis diantaranya sebagai media promosi, bahkan alamat Email pun bisa diperjualbelikan saking berharganya lho.

Jadi pastikan selalu untuk mengingat alamat Email masing-masing beserta kata kuncinya ya dan jangan lupa untuk mengecek Email, siapa tau ada inbox dari saya, hehe...

Beberapa istilah yang wajib diketahui para pengguna Email :

1. Compose, Menulis surat baru.

2. CC (Carbon Copy) melakukan pengiriman sebuah e-mail yang sama ke banyak alamat Berbeda dengan mencantumkan semua alamat Email, sehingga orang yang dikirimi surat tahu siapa saja yang menerima surat.

3. BCC (Blind Carbon Copy) melakukan pengiriman sebuah e-mail yang sama ke banyak alamat Berbeda, namun penerima pesan berantai tidak tahu alamat Email yang lainnya.

4. Spam, Surat yang berisi kata-kata yang tidak baik/menganggu (Email sampah bisa juga disebut dengan Junk Mail).

5. Bounce e-mail,  Email yang tidak berhasil terkirim ke penerimanya dan terpental balik ke mailbox, dengan Bounce Mail pengguna Email akan tahu bila Email tidak terkirim.

6. Attachment (lampiran) memungkinkan pengirim email bisa melampirkan image atau file.

3 komentar:

  1. Kalau bahas LAN jadi keinget jaman SMP dulu ketika kirim email cuma bisa dalam satu ruang komputer doank

    BalasHapus
    Balasan
    1. 😍😍😍 daripada saya dulu punya email pas kuliah 😂

      Hapus
  2. Saya pertama kali punya email, waktu SMK kelas 1, itu juga karena tugas wajib sekolah mengingat saya dulu sekolah di bidang per-Multimediaan, kalo gak dipakasa wajib punya, pasti ogah-ogahan bikin email, padahal penting buanget, udah kayak alamat rumah.

    Thanks sharingnya Mba Mia :)

    BalasHapus

Terimaksih telah berkunjung